Jumat, 01 Juni 2012

RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah        : ........................................
Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester    : VII/I
Standar Kompetensi    : Berbicara
6. Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita
Kompetensi Dasar    : 6.2 Bercerita denga alat peraga
Alokasi Waktu    : 2 x 40 Menit ( 1x Pertemuan)

A.    Standar Kompetensi
Membaca
1.    Peserta didik mampu bercerita
B.    Kompetensi Dasar
2.    Peserta didik mampu bercerita dengan alat peraga
C.    Indikator
Penyampaian cerita dengan alat peraga
1.    Kognitif
a.    Produk
Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang cara bercerita yang baik sesuai dengan pelafalan intonasi, gesture, dan mimik yang tepat.
b.    Proses
Peserta didik mendapat tugas cara bercerita yang baik.
2.    Psikomotor
•    Mampu menyusun kerangka serita
•    Melibatkan peserta didik secara aktif dalam penyampaian cerita secara lisan maupun tulisan
3.    Afektif
a.    Karakter
•    Kerjasama
•    Tanya jawab
•    Inkuiri
•    Tanggung jawab
b.    Keterampilan sosial
•    Peserta didik secara berkelompok menentukan cerita yang menarik berdasarkan persediaan buku di perpustakaan
•    Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang cerita yang menarik.
D.    Tujuan Pembelajaran
Kognitif
a.    Produk
1)    Mampu bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat dan mampu mengerjakan LKS 1: produk.
2)    Mampu melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dapat memberikan tanggapan dengan alasan yang logis tentang isi cerita yang didengar/disaksikan LKS 1: produk.
b.    Proses
Siswa diberikan selembar kertas untuk menyusun suatu cerita yang terdapat dalam LKS 2
1.    Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
2.    Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran atau memberikan tugas individu maupun secara berkelompok.
Psikomotor
•    Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan maupun tulisan dalam cerita
•    Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi dalam proses penyampaian bercerita yang disediakan dalam alat peraga.
Afektif
a.    Karakter
Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemampuan dalam bercerita seperti kerjasama, tanya jawab, inkuiri dan tanggung jawab
b.    Keterampilan sosial
Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemampuan dan kemajuan dalam bercerita yang baik dan benar dan mempunyai keterampilan yang cukup dalam penyampaian cerita.
E.    Materi Pembelajaran
•    Pengertian cerita
•    Cara bercerita dengan alat peraga
•    Teks cerita
F.    Model Dan Metode Pembelajaran
Model pembelajaran: demonstrasi
Metode pembelajaran: penugasan, unjuk kerja, tanggung jawab
G.    Media Alat/Bahan
Lembar kerja siswa, kertas HVS, spidol, LCD, dan buku cerita
H.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
No.    Kegiatan 
1.    Peserta didik dapat menentukan unsur instrinsik cerita:
a.    Tokoh utama dalam cerita
b.    Watak tokoh utama
c.    Tokoh antagonis dalam cerita
d.    Watak tokoh utama pendukung
e.    Alur cerita
f.    Setting cerita 3 tempat
2.    Rangkaikanlah pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita:
a.    Peserta didik dapat merangkaikan pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik
b.    Siswa membaca teks cerita yang disiapkan guru dalam LKS
c.    Peserta didik dapat merangkaikan dengan bahasa yang menarik tetapi  urutannya kurang baik
d.    Peserta didik dapat merangkaikan cerita tetapi urutannya kurang baik dan bahasanya kurang menarik
e.    Peserta didik dapat merangkaikan cerita tetapi tidak lengkap
f.    Peserta didik tidak mengerjakan

I.    Sumber Belajar
1.    Perpustakaan
2.    Buku-buku yang berisi cerita
3.    Buku teks
4.    Alat peraga
J.    Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi    Penilaian
    Teknik penilaian    Bentuk penilaian    Instrumen
•    Mampu menentukan pokok-pokok cerita
•    Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi kerangka cerita yang menarik
•    Mampu bercerita dengan menggunakan alat peraga berdasarkan kerangka cerita    Tes tertulis    uraian    •    Tulislah pokok-pokok cerita yang terdapat di dalam teks cerita yang kamu baca!
•    Rangkailah pokok-pokok cerita itu menjadi kerangka cerita!
•    Berceritalah dengan dukungan alat peraga!

1.    Tentukan pokok-pokok cerita yang terdapat dalam cerita ini!
1.    Berceritalah dengan urutan yang baik serta suara, lafal, intonasi, gesture, dan mimik yang tepat!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar